10 Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Saat Mengisi Daya Smartphone

Image result for smartphone

Apakah anda merasa usia pakai baterai smartphone anda cukup boros? Bisa saja hal ini dikarenakan karena kondisi baterai  yang sudah tidak seprima seperti saat baru pertama kali digunakan. Permasalahan pada baterai memang menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna smartphone. Banyak orang yang menganggap jika usia baterai smartphone-smartphone terbaru kini semakin memburuk. Padahal, sebenarnya hal ini bisa saja terjadi akibat beberapa faktor. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan saat mengisi daya smartphone menjadi salah satu penyebab mengapa daya baterai smartphone semakin boros. Agar kondisi smartphone anda tetap prima meskipun sudah lama digunakan,hindari 10 kesalahan-kesalahan di bawah ini saat mengisi daya smartphone.

  1. Jangan Pernah Mengisi Daya Smartphone Hingga Semalam Suntuk

Mengisi daya smartphone saat tidur merupakan salah satu cara terburuk dalam mengisi daya ponsel. Mengapa? Kebiasaan ini akan membuat usia baterai anda menjadi lebih pendek. Meskipun kini, banyak smartphone dan charger yang dilengkapi dengan perlindungan terhadap lonjakan tegangan dan overchange, namun tetap saja akan lebih baik untuk mencabut ponsel saat daya terisi penuh. Banyak yang belum mengetahui jika saat baterai smartphone sudah penuh, pastinya perangkat akan emnyedt kembali daya tersebut sembari menjalankan sistem. Hal ini lah yang kemudian membuat daya baterai menjadi kurang. Saat daya baterai sudah berkurang pada batas tertentu, maka perangkat akan terisi kembali oleh charger. Dan kegiatan ini lah yang kemudian membuat baterai menjadi cepat aus.

Baca juga: Pengguna Setiap WhatsApp, Fitur-Fitur Baru Ini Dijamin Bikin Chatting Lebih Nyaman

  1. Mengisi Daya Dari 0 hingga 100%

Banyak sekali pengguna smartphone yang sering menunggu daya baterai tinggal 5% atau bahkan 0% untuk kemudian diisi daya kembali. Tahukah anda? jika kebiasaan seperti ini sebenarnya tidak diperbolehkan saat mengisi daya smartphone. Hal ini dapat memperpendek suia baterai karena menambah tegangan pada baterai yang membuat baterai ponsel semakin tertekan. Sebenarnya, baterai smartphone sudah dirancang dengan baik pada kapasitas daya 30-80%. Maka saat baterai ponsel sudah dibawah 30%, akan lebih baik untuk langsung di cash. Saat kapasitas pengisian sudah mencapai 80%, sebenarnya anda tak perlu menunggu hingga penuh. Tegangan tinggi memang dapat menekan baterai meskipun tidak secara langsung dapat merusak baterai, namun jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka bertahap dapat mengurangi usia  baterai. Sama halnya ketika anda baru mengisi daya ponsel saat berada di bawah 30%.

Baca juga: 10 Aplikasi Terbaik Yang Dapat Membantu Anda Jago Bahasa Inggris Dengan Singkat

 

  1. Mengisi Daya Baterai Bersama Dengan Casing

Kebanyakan orang saat ini seringkali menggunakan casing atau pelindung agar dapat melindungi smartphone dari resiko jatuh dan lainnya. Namun sebaiknya, saat mengisi daya smartphone, akan lebih baik untuk melepas casing ponsel anda tersebut. Selama pengisian daya, maka baterai ponsel dapat menjadi cukup hangat. Saat ponsel berada di dalam sebuah casing ketika di cash, maka kehangatan ini malah akan terjebak di dalam ponsel. Suhu dapat meningkat dan menyebabkan kerusakan pada ponsel anda. Meskipun tampak sepele, namun kebiasaan ini juga dapat menyebabkan usia baterai ponsel semakin pendek. Untuk itu akan lebih baik untuk tidak menggunakan casing selama ponsel di cash agar  kinerja ponsel tetap berjalan lancar meskipun bertahun-tahun digunakan.

 

  1. Menggunakan Powerbank Terlalu Sering

Mengisi daya menggunakan powerbank memang sering menjadi solusi untuk mengisi baterai smartphone saat sedang melakukan perjalanan ataupun tidak menemukan sumber listrik. Namun sebaiknya, kebiasaan seperti ini lebih baik untuk dikurangi. Saat menggunakan powerbank, suhu dari baterai ponsel akan menjadi sangat panas. Apalagi jika anda menggunakannya sambil melakukan aktivitas-aktivitas di ponsel anda. Tentunya kenaikan temperature ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi smartphone anda. kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus akan mempengaruhi kemampuan baterai smartphone anda dalam menyimpan daya. Jika pun anda terpaksa menggunakan power bank untuk mengisi daya smartphone, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakan smartphone anda terlebih dahulu.

 

  1. Menggunakan Charger Yang Tidak Asli

Saat mengisi daya smartphone anda, pastikan jika anda menggunakan charger pabrikan yang asli. Namun hal seperti ini banyak disepelekan, padahal dapat membantu memperpendek usia penggunaan smartphone anda. menggunakan charger universal akan mempengaruhi arus yang masuk menuju baterai smartphone yang kemudian dapat menganggu ketahanan daya baterai. Apalagi jika charge yang anda gunakan tidak berkualitas, maka bisa menyebabkan masalah serius pada smartphone anda. untuk itu lah pentingnya menggunakan charger pabrikan yang asli agar dapat emmbuat kinerja ponsel tetap berada di puncaknya meskipun sudah lama digunakan. Setiap pabrikan tentu saja memiliki kriteria tersendiri dalam mengatur keluar masuknya daya pada setiap perangkat yang mereka miliki.

 

  1. Tidak Memperhatikan Tempat Saat Pengisian Daya

Mengisi daya smartphone anda di sembarang tempat juga dapat menimbulkan resiko yang cukup serius. Saat ini kebanyakan smartphone menggunakan jenis baterai Li-ion. Perlu anda ketahui, baterai Li-ion ini mempunyai batas temperature tertentu yang dapat ditoleransi. Saat anda menaruh ponsel pada tempat yang agak panas, maka secara otomatis suhu ponsel bisa semakin meningkat dan hal ini bukanlah hal yang baik. Selain itu, menempatkan ponsel di tempat yang bersuhu rendah semisal depan AC juga dapat menjadi masalah. Untuk itu lah perhatikan tempat yang anda gunakan saat mengisi daya. Usahakan agar tempat tersebut tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

 

  1. Menggunakan Charger Nirkabel

Menggunakan charger nirkabel memang lebih mudah saat mengisi daya, sehingga anda tidak perlu lagi menggunakan kabel untuk mengisi daya baterai. Namun model pengisian induktif seperti ini malah lebih berbahaya karena pada charger jenis nirkabel dapat memancarkan panas yang agak tinggi. Seperti yang anda ketahui sebelumnya, suhu panas bisa memperpendek usia baterai ponsel anda.

 

  1. Mengecash Smartphone Baru

Masih banyak orang yang berpendapat jika ponsel yang baru saja dibeli harus dilakukan pengisian terlebih dahulu hingga 100% sebelum akan digunakan. Hal ini memang benar, namun untuk ponsel yang menggunakan jenis baterai Nickel. Sedangkan pada jenis baterai Li-ion, anda bisa langsung menggunakannya setelah pembelian. Hal ini juga yang menjadikan alasan mengapa ketika membeli baterai smartphone kondisi baterai sudah terisi setengahnya. Sehingga anda bisa langsung menggunakannya saat keluar dari kemasan.

 

  1. Kabel Charger Terlalu Panjang

Kebanyakan lebih menyukai charger yang berukuran panjang agar lebih mudah saat beraktifitas menggunakan ponsel. Padahal semkain panjang kabel charger yang digunakan menyebbakan daya yang mengalir menuju smartphone dapat memberikan efek panas. Anda bisa perhatikan pada kabel-kabel charger asli keluaran dari masing-masing pabrik, pastinya anda akan mendapatkan charger yang berukuran lebih pendek. Hal ini dikarenakan untuk menghindari daya yang hilang karena ukuran kabel yang terlalu panjang.

 

  1. Menggunakan Fast Charging

Saat ini fitur fast charging memang menjadi andalan yang digunakan hampir setiap vendo smartphone. Banyak yang mengklaim dengan menggunakan teknologi ini, maka nantinya pengguna akan lebih cepat dalam mengisi daya smartphone. Namun sayangnya, teknologi ini memiliki kelemahan tersendiri. Saat pengisian daya menggunakan fitur fast charging, maka beban daya yang masuk ke dalam baterai akan lebih tinggi. tentu saja hal ini bisa mempengaruhi kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Nah itu tadi 10 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat mengisi daya baterai. Segera hindari kesalahan-kesalahan seperti ini agar baterai anda tetap dapat bekerja baik meskipun sudah bertahun-tahun digunakan. Semga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *