Pengguna Setiap WhatsApp, Fitur-Fitur Baru Ini Dijamin Bikin Chatting Lebih Nyaman

 

WhatsApp (WA) bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan saat ini. Dibandingkan aplikasi chat lainnya, WA cenderung lebih ringan dan sangat mudah dioperasikan serta sama sekali tidak terdapat iklan di dalamnya. Pengguna WA pun diklaim semakin meningkat seiring dengan makin banyaknya aplikasi chat tandingan yang bermunculan. Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Mark Zuckerberg yang saat ini menjadi pemilik WhatsApp. Ia menyebutkan pengguna WA semakin meningkat hingga mencapai lebih dari Rp 1 miliar saat ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Terbaik Yang Dapat Membantu Anda Jago Bahasa Inggris Dengan Singkat

Zuckerberg pun memahami bahwa pengguna WA bisa beralih ke aplikasi lainnya jika tidak dijaga dengan baik. Maka dari itu, sejak tahun lalu sudah ada banyak fitur tambahan yang diberikan ke WA untuk membuat penggunanya merasa lebih nyaman. Kalau Anda selalu melakukan update aplikasi WA, kemungkinan besar sudah pernah mencoba berbagai fitur baru ini. Tapi kalau belum, coba deh simak fitur baru WA yang makin memudahkan aktivitas chatting Anda:

 

Menghapus pesan yang belum sempat dibaca penerima

Pernah tidak Anda mengirimkan pesan WA dalam keadaan sangat kesal atau marah? Tak jarang pesan yang dikirimkan penuh dengan kata kasar atau tidak pantas. Tapi beberapa menit kemudian saat emosi sudah tenang, Anda pun merasa pesan tersebut tidak seharusnya dikirim. Dulu sih, tak ada jalan lain selain meminta maaf pada si penerima pesan. Tapi saat ini, ada fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirimkan namun belum dibaca oleh si penerima.

Anda tinggal menekan dan menahan pesan yang sudah terkirim, kemudian akan muncul 2 opsi, yakni ‘delete for me’ dan ‘delete for all’. ‘Delete for me’ hanya akan membuat pesan dihapus di akun Anda, sedangkan ‘delete for all’ memungkinkan pesan juga dihapus di akun penerima pesan. Meski demikian, tetap akan ada tulisan yang memberitahukan bahwa pesan sudah dihapus. Tapi setidaknya, penerima tidak akan sampai membaca pesan yang tidak seharusnya.

Image result for whatsapp

 

Anggota grup bisa menghilangkan wewenang admin

Dalam sebuah grup WA, hanya admin yang memiliki wewenang khusus seperti menambahkan pengguna, mengeluarkan pengguna, atau menjadikan anggota grup lain sebagai admin. Tapi di fitur terbaru WA, anggota bisa juga menghilangkan wewenang admin. Dengan kata lain, seseorang yang menjadi admin bisa dihilangkan ‘jabatannya’ melalui fitur Dismiss Admin. Sayangnya, saat ini fitur tersebut masih belum tersedia secara luas dan baru ada pada versi beta-nya.

Baca juga: 10 Kesalahan Fatal Yang Harus Dihindari Saat Mengisi Daya Smartphone

Meski demikian, fitur ini sudah menimbulkan beberapa pro kontra di kalangan pengguna. Banyak yang mempertanyakan fungsi dari fitur Dismiss Admin ini. Sebab admin memang berfungsi untuk mengelola sebuah grup dan seharusnya tidak bisa diganggu gugat oleh anggota. Jika misalnya hanya karena masalah pribadi maka anggota selalu men-dismiss admin yang ada, tentu grup tersebut jadi terbengkalai. Bagaimana menurut Anda?

 

Menciptakan GIF lewat potongan video

Salah satu aktivitas yang paling mengasyikkan di sebuah grup WA adalah saling berkirim video lucu atau unik. Sayangnya, banyak juga orang yang malas menonton video tersebut jika kapasitasnya terlalu besar. Sebab untuk menontonnya, pengguna terlebih dahulu harus mengunduh video yang tentu akan menguras paket data jika Anda tidak menggunakan jaringan Wi-Fi.

Tapi kini ada solusi yang bisa dilakukan untuk tetap berkirim bagian-bagian dari video dan menjadikannya format GIF. Dengan resolusi lebih kecil, gambar berformat GIF masih tetap bisa dinikmati karena sisi lucu atau uniknya tidak akan hilang seperti halnya jika dijadikan foto. Saat ini tampaknya juga lebih banyak pengguna yang suka berkirim file GIF dibanding dengan file berformat video dengan kapasitas yang cukup besar.

 

Menanggapi chat di grup WA lebih praktis dengan fitur slide

Awalnya, untuk menanggapi pesan seseorang di grup WA, pengguna harus mengetikkan namanya secara manual. Kemudian muncul fitur baru yang memungkinkan Anda untuk mengcopy pesan dari anggota lain dan baru menambahkan jawaban di bagian bawahnya. Anda juga bisa men-tag nama dari pengguna untuk memberikan notifikasi secara langsung. Tapi kini ada cara yang lebih praktis lagi nih, untuk membalas WA salah seorang anggota grup.

Anda hanya tinggal menekan pesan yang ingin dijawab, kemudian menggesernya ke kanan hingga muncul tanda panah. Setelah itu, secara otomatis kolom jawaban dan keyboard akan muncul sehingga Anda tinggal mengetikkan pesan yang ingin disampaikan. Fitur ini cocok sekali untuk Anda yang punya berbagai jenis grup berbeda dan selalu aktif berkirim pesan.

 

Membaca pesan tanpa perlu membuka chat

Ada kalanya kita malas membuka pesan seseorang, namun penasaran dengan apa yang dikirimkannya. Kalau membuka chat tanpa membalas pesan, memang akan terkesan kurang sopan. Ada sih, cara lain untuk menyiasati hal ini, yakni dengan memanfaatkan fitur notifikasi pop up. Saat ada pesan masuk, secara otomatis pesannya akan muncul sebagai notifikasi sehingga Anda bisa membacanya tanpa perlu membuka chat dan memunculkan centang biru.

Atau cara lain juga bisa dilakukan dengan mematikan paket data atau koneksi Wi-Fi, lalu membuka chat tersebut dan membaca isi pesannya. Saat koneksi internet kembali dinyalakan, centang dalam pesan tersebut tidak akan berubah jadi biru. Tapi kini WA menyediakan fitur khusus yang membuat Anda bisa memgetahui isi pesan tanpa ketahuan yakni dengan menekan dan menahan halaman percakapan sehingga akan tampak highlight dari percakapan terakhir.

 

Menonton YouTube tanpa perlu pindah aplikasi atau browser

Saat menerima pesan berupa link video YouTube, secara otomatis Anda akan dialihkan ke browser pilihan atau ke aplikasi YouTube untuk menontonnya. Hal ini seringkali membuat pengguna malas membuka link video karena biasanya butuh proses yang cukup lama untuk pindah dari aplikasi WA ke browser atau YouTube. Tapi kini aktivitas menonton video bisa jadi lebih mudah karena Anda tak perlu keluar dari aplikasi WA.

Fitur WA terbaru memungkinkan Anda untuk menonton link video langsung di halaman percakapan. Jadi saat menerima link untuk video yang durasinya tidak terlalu panjang, Anda tak perlu beralih ke browser ataupun aplikasi YouTube. Bahkan video ini nantinya bisa digeser ke atas atau bawah sehingga sambil nonton video Anda bisa tetap berkirim pesan.

Fitur lain yang juga banyak dijadikan favorit adalah saling membalas story yang diunggah. Anda bisa mengomentari story teman dengan lebih mudah dan secara otomatis pesannya akan masuk ke halaman percakanan yang sebelumnya sudah ada.

Adakah di antara fitur-fitur tersebut yang sudah pernah Anda coba? Jika belum, pastikan untuk segera mencoba fitur terbaru itu saat berkirim pesan, ya. Dijamin momen chatting Anda akan jadi lebih menyenangkan dengan adanya fitur baru yang praktis.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *