Tips Menentukan Harga sebelum Jual Desktop PC

Desktop PC merupakan salah satu perangkat elektronik yang keberadaanya hampir tersingkirkan oleh laptop dan netbook yang lebih portable. Meski begitu, masih ada banyak pengguna yang setia menggunakan desktop PC karena berbagai alasan. Bagi Anda yang ingin mengganti desktop dengan laptop yang bisa dibawa kemana saja. jangan sia – siakan desktop lama Anda. Anda bisa jual desktop PC yang lama agar uang hasil penjualannya bisa Anda gunakan untuk membeli laptop yang baru.

Agar proses penjualan desktop PC berjalan lebih cepat dan Anda bisa mendapatkan uang hasil penjualannya segera, tentunya Anda harus menawarkan komputer second ini dengan harga yang wajar. Harga tersebut harus sesuai dengan harga pasar dan tidak berlebihan sehingga orang-orang tertarik untuk menawar dan membelinya. Agar Anda tidak jual desktop PC second Anda dengan harga yang terlampau mahal, pastikan Anda telah memahami harga pasar untuk berbagai jenis komputer, terutama jenis yang sama dengan yang Anda miliki.

Harga komputer bekas biasanya sangat tergantung dengan komponen apa yang ada di dalam desktop PC tersebut. Ya, spesifikasi komputer sangat menentukan harga yang ditawarkan. Untuk desktop PC dengan spesifikasi rendah, harga yang ditawarkan mungkin tidak sampai dengan 1 juta rupiah. Sedangkan apabila spesifikasinya cukup tinggi, harga yang ditawarkan untuk satu perangkat komputer tersebut bisa mencapai lebih dari 1 juta rupiah.

Sebagai contoh, berikut seperangkat komputer dengan spesifikasi lengkapnya:
Processor Intel Pentium 4, Hardisk 80 Gigabyte SATA, RAM DDRII 1 GB, Mainboard PC chips, DVD, Monitor LCD biasa ukuran 16 inchi, Keyboard, mouse.

Spesifikasi komputer di atas merupakan spesifikasi biasa yang membuat seperangkat PC tersebut berharga tidak lebih dari 1 juta rupiah. Dengan mengamati spesifikasi di atas, tentunya Anda bisa sedikit mendapatkan gambaran. Apabila Anda akan jual desktop PC dengan spesifikasi lebih tinggi, maka harga yang bisa Anda tawarkan bisa lebih tinggi dari 1 juta rupiah. Sedangkan apabila spesifikasinya lebih rendah, maka harganya akan lebih rendah pula.

Misalnya, memori PC hanya 512 MB dan monitornya masih berupa monitor tabung, maka harga yang bisa Anda tawarkan bisa sekitar 700ribu rupiah atau bahkan lebih murah. Sebaliknya, harga yang bisa Anda tawarkan bisa lebih tinggi apabila spesifikasi desktop PC bekas Anda lebih baik, seperti dilengkapi processor core2duo, memori 2GB, monitor lebih besar, hardisknya berkapasitas 500 GB, dan seterusnya, maka harga jual desktop PC bekas tersebut bisa sekitar 1,5 juta rupiah. Sementara apabila dilengkapi dengan VGA Card juga, maka harga yang ditawarkan bisa mencapai 2 juta rupiah.

Selain spesifikasi, faktor lain yang sangat menentukan harga jual desktop PC adalah kekurangan pada komputer tersebut. Karena merupakan komputer bekas, pastinya ada penurunan kualitas pada barang Anda, meskipun hanya sedikit, seperti layar monitor yang bergaris, kualitas hardisk yang menurun, dan lain sebagainya. Jadi, Anda juga harus memperhatikan hal-hal tersebut sebelum menjualnya agar yang membeli komputer bekas Anda tidak merasa tertipu.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *